Menu Close

Radang Tenggorokan? Tenggorokan Atau Amandel?

Obat amandel – Faringitis adalah nama dari radang tenggorokan. Kondisi peradangan pada faring (area di belakang tenggorokan) ini disebabkan oleh bakteri atau virus tertentu. Faringitis menyebabkan nyeri saat menelan dan gangguan lain yang berhubungan dengan mulut dan sistem pernapasan.

Sedangkan tonsilitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada amandel (tonsil) yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Amandedl adalah dua kelenjar kecil yang ditemukan di tenggorkan.Sejak masa kanak-kanak,amandel berperan sebagai filter untuk mencegah infeksi dari kuman yang bisa masuk ke saluran udara dengan memproduksi antibodi untuk melawan infeksi .

Biasanya, infeksi tonsilitis terjadi pada anak-anak berusia antara 5 dan 15 tahun. Namun seiring bertambahnya usia, daya tahan tubuh manusia akan semakin kuat, sehingga amandel tidak akan dibutuhkan secara perlahan hingga akhirnya mengecil.

Gejala umum faringitis

Demam seperti flu tapi tidak terlalu tinggi.

Ketidaknyamanan tenggorokan yang menyebabkan suara serak, nyeri saat menelan dan tenggorokan kering parah.

Anda terus bersin meski tidak terserang flu.

Sakit kepala dan rasa lelah di tubuh meski Anda tidak aktif berolahraga.

Adanya nyeri pada tulang dan persendian yang membuat tubuh tidak nyaman dengan aktivitas.

Batuk sedikit terus menerus.

Bagi penderita radang amandel, amandelnya semakin parah.

Tidak ada nafsu makan dan tubuh melemah.

Mual dan gangguan pencernaan karena tubuh tidak dapat menerima makanan dengan baik.

Tubuh kurang antusias dengan aktivitas.

Gejala umum tonsilitis

Orang dengan pilek, batuk, bau mulut, mual, suara serak, sakit perut dan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher.

Nyeri saat menelan makanan, minuman bahkan air liur yang berujung pada malas aktivitas makan.

Saat diperiksa oleh dokter,terdapat pembesaran amandel berwarna merah dan terkadang terdapat bintik putih pada permukaan amandel.

Pasien menderita sakit kepala, demam, lemas, menggigil dan nyeri otot.

Pada penderita tonsilitis kronis, penderita mendengkur saat tidur dan disertai dengan pembesaran kelenjar adrenal. Adenoid adalah kelenjar yang terletak di dinding belakang antara rongga hidung dan tenggorokan.

Korban menderita rasa tenggorokan kering atau lehernya bengkak.

Rasa sakit akibat tonsilitis bisa menyebar ke telinga dan leher.

Pengobatan dan pencegahan

Sebagian besar kasus tonsilitis hilang dalam waktu seminggu. Tidak ada obat khusus untuk pengobatan tonsilitis. Obat biasanya diberikan untuk meredakan gejala, seperti ibuprofen atau acetaminophen untuk meredakan nyeri. Jika tonsilitis disebabkan oleh bakteri, antibiotik dapat digunakan. Selain pengobatan, pemulihan bisa didukung dengan istirahat yang cukup dan banyak cairan.

Sedangkan untuk radang tenggorokan dapat dicegah dengan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat panas, menghindari rokok, menghindari lingkungan berasap, minum air yang cukup, apalagi jika sedang demam. dan berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi sakit tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *